Posted by : Unknown Jumat, 17 Mei 2013



SistemOperasi Komputer buatan anak bangsa  ? Emang ada po? Mendengar judul seperti itu pasti banyak pihak yang berpikiran tentang keaslian judul tersebut. Jangan – jangan ini hoax. Tenang ini bukan hoax, ini serius, ntar guwa kasih link sama gambar logonya
.
Nama Sistem Operasinya yaitu Garuda OS. Gimana? Pernah denger. Jika belum pernah mendengar, situs reminya www.garudaone.com guwa kasih juga logo sama download linknya klik DISINI.


Ihhhh. … baru liat logonya udah keren banget bukan? Apalagi dengan anak garuda yang cutee banget X-). Well mungkin ini menggambakan karakter anak mudaa Indonesia yang selalu kreatif dan Inovatif mengusung pembuatan OS asli Indonesia ini B-).

Meskipun sistem operasi Garuda buatan dari pengembang asal Indonesia, namun tampaknya sangat terlihat jelas bahwa OS ini merupakan ‘rombakan’ atau modifikasi dari Linux. Yah gakpapalah, paling enggak Garuda OS masih bisa disebut sebagai karya anak bangsa.


Jika dibandingkan dengan system operasi Windows, maupun Mac OS, ini memang belum ada apa-apanya. Tapi setidaknya fitur-fitur yang ada di Garuda OS ini tidak terlalu buruk.

Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur yang bisa didapatkan jika menggunakan sistem operasi Garuda:
Terdapat inti (kernel) pada sistem operasi : 2.6.38.7. Dengan fitur ini maka OS dapat melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses ke perangkat keras komputer dengan aman.



-Mendukung desktop : KDE 4.6.3
-Mendukung dengan berbagai macam Video Graphics Array VGA, baik dari produsen Nvidia, ati, Intel, dan lain-lain.
-Mendukung penggunaan Wireless (Nirkabel) untuk berbagai perangkat jaringan.
-Mendukung dengan perangkat berbagai macam printer lokal maupun jaringan
-Mendukung banyak format populer dari kategori multimedia. Seperti pada sistem operasi lain, Garuda juga dapat menjalankan format multimedia seperti flv, mp4, mp3, mpg, wav, wrna, avi, ogg, dan lain-lain.
-Mendukung bahasa indonesia, Inggris, Jepang, India, Korea, Cina, Arab dan puluhan bahasa dari negara lain.
-Mendukung proses instalasi berbagai macam program yang berbasis untuk Windows.
-Mendukung Font Aksara daerah.
-Mendukung untuk instalasi berbagai game yang berbasis Windows, baik game online maupun offline.
-Mendukung Font Google Web.
-Mendukung untuk menjalankan berbagai macam software dokumen dari program populer yang berbasis Windows, diantaranya adalah Photoshop, CorelDraw, Microsoft Office, AutoCAD, dan lain-lain.

Hmm well banyak fitur-fitur yang gak ngerti sih karena dikutip dari beberapa sumber. Dari fitur yang tersedia di atas, tampaknya sistem operasi Garuda cukup bisa diandalkan. Satu yang hal yang juga tidak kalah penting adalah mengenai software untuk kebutuhan internet, Garuda OS dapat menjalankan berbagai program internet baik itu web browser, aplikasi messenger dan lain-lain. Beberapa contohnya adalah menjalankan web browser populer Mozilla Firefox 4.0.1, Chromium, Opera, Mozilla Thunderbird, program email (Microsoft Outlook, kTorrent), program bittorrent, DropBox Online Storage Program (free 2 Gb), Skype video conference/VOIP, FileZilla upload download/FTP, Google Earth program penjelajah dunia, Choqok, Qwit, Twitux, Pino aplikasi microblogging, Kompozer, Bluefish web/html editor (pengganti Dreamweaver), xChat program chatting/IRC, Gyachi, Pidgin Internet messenger maupun Miro Internet TV.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Garuda OS juga tak terlalu tinggi kok. Nih spesifikasi minimalnya:
Processor : Intel atau Amd sekelas pentium IV atau lebih
Memory : minimum 512 Mb,Recomendasi 1 Gb
Hardisk : minimum 8 Gb
VGA : Nvidia,Ati,Intel,Sis,Matrox,VIA
Soundcard : Sound blaster,Kartu AC97,Atau HDA





Gimana temen-temen tertarik dengan OS Garuda ini. Jika tertarik anda bisa mendownloadnya DISINI. Dan lagi OS ini bisa di download secara gratis, dan ini legal (Open Source). Jadi mari pakai produk Indonesia dan Legal. :v

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 InPermataku - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -