Posted by : Unknown Jumat, 10 Mei 2013

Di tengah maraknya perkembangan informasi dan komunikasi, banyak sekali muncul fasilitas yang disediakan dari internet guna kebutuhan informasi maupun komunikasi. Diantaranya muncul jejaring social media. Jejaring social saat ini sagat banyak jumlahnya baik yang dikenal maupun tak kita kenal. Kalian pasti mengenal dan akun social media terkenl seperti Facebook, twitter, google+, dan-lain-lain.

                Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari jejaring sosial media ini. Kita bisa berkomunikasi antar pengguna jejaring sosial media lainnya dari berbagai penjuru belahan dunia. Kita bisa chatting, membentuk grup, hingga bermain game. Semua bisa dilakukan di satu akun social media.

                Nah yang menjadi topik pembahasan kali ini yaitu nama-nama jejaring social media asli buatan anak negeri. Eh emangnya ada. Ya, jelas ada. Bahakan jumlahnya puluhan. Mungkin nama-nama ini kurang terkenal di kalangan kita karena jarang yang menggunakan. Nah, apa saja situs jejaring social buatan anak negeri ini. Ini dia listnya


1.       Pulsk.com



Pulsk.com merupakan jejaring social media yang mana pengunjungnya bisa menguplod gambar, video, maupun artikel unik. Pulsk merupakan situs web sosial untuk berbagi konten antar pengguna yang dibuat oleh orang Indonesia. Konten yang dapat dibagi antara lain adalah foto, video, dan artikel. Domain situs ini dapat di akses melalui alamat pulsk.com dan mereka menitik beratkan pada kualitas konten dan interaksi antar pengguna. Pulsk berbentuk majalah dinding virtual yang memungkinkan setiap pengguna dapat menyematkan berbagai konten dan membagikannya kepada pengguna lain serta mendapatkan respon, salah satunya dengan pemberian "WOW". Pulsk memiliki tagline yaitu Share Something WOW. (Wikipedia).

2.        Fupei.com



FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesia) adalah sebuah website komunitas yang berisi tentang jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet, dikhususkan untuk kalangan Indonesia, FUPEI terus berusaha untuk mengembangkan fasilitasnya agar tidak kalah dengan fasilitas website-website yang sejenis diluar, memiliki anggota sebanyak 80.000 lebih orang dengan 96,3 persen adalah pengguna yang berasal dari Indonesia.







Digli adalah situs pertemanan dengan rasa Indonesia dimana seluruh pengguna DIGLI bisa berinteraksi satu sama lain sehingga membentuk sebuah aktifitas bersosialisasi. Lebih mudah mendapatkan teman Dengan DIGLI, para pengguna bisa lebih mudah mendapatkan teman-teman baru karena di sini para pengguna DIGLI lebih mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia sangat mendukung para penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan pengguna-pengguna lainnya,kalau dalam penilaian situs ini menggabungkan antara facebook dengan kaskus.







Kongkoow merupakan situs jejaring sosial bercita rasa lokal yang menyediakan fasilitas lengkap seperti, akun email, file sharing, video streaming dan blogging. Baru-baru ini situs ini juga menyediakan aneka file download seperti musik, film, video, dan lain-lain. Asyiknya lagi, kita mendownload secara legal karena file disini ada yang berbayar. 






Secara penampilan dan fungsinya hampir mirip dengan FaceBook, hanya ada beberapa perbedaan tampilan yang ditonjolkan dan situs ini memang kebanyakan anggotanya dari lokal Indonesia saja. Banyak terdapat iklan yang terpampang diatas dan di bawah halaman, berbeda dengan FB yang free dari iklan-iklan yang ada. Tapi bagaimanapun juga kita harus tetap salut dengan si pembuat yang sudah bisa ‘memodifikasi’ beberapa jejaring sosial lainnya dan dipadukan serta diramu sehingga bisa menghasilkan Kombes.Com ini. Untuk menjadi member kita harus melakukan sign-up terlebih dahulu, dan bisa memberikan update dan beberapa catatan didalamnya.





Ini dia situs pertemanan dari indonesia dan mungkin sebagai alternatif situs pertemanan yang sudah ada. Disitus pertemanan ini disediakan beberapa fitur diantaranya blog, my voice, vote dan kalau kalian ingin menjual barang atau mempromosikan sesuatu di IndoFace disediakan layanan pasang iklan gratis. Bagi kamu yg mempunyai bisnis online mau pun offline kamu bisa mempromosikannya. Nah mantapkan, udah dapat teman baru dapat pula pasang iklan gratis. Kabar baiknya lagi setiap aktifitas kamu di IndoFace seperti login, upload foto mau pun mp3 dan kasih komentar akan mendapatkan poin, yang kalau sudah mencukupi poin tersebut bisa ditukar dengan barang elektronik seperti ponsel atau barang elektronik lainnya yg sudah disediakan pihak IndoFace makin mantap aja kan gabung di IndoFace.

               


Dari nama websitenya, awalnya saya mengira ini adalah situs facebook. Ternyata bukan. FB.co.id merupakan social media buatan Indonesia. Fungsinyapun sama dengan media social lainnya. Saya jadi sempat berpikir mungkin diberi nama FB supaya gampang dikenal oleh pengguna facebook ya. Hahahaha.




Sosial media pendidikan buatan Bandung ini diperuntukkan bagi pelajar, guru, orang tua dan alumni. Situs web berbasis multimedia interaktif ini terdapat fitur ruang diskusi, ngobrol, rapor, album alumni, book viewer, soal latihan, dan badge.


Dan masih banyak mungkin social media lain buatan Indonesia. Namun kebanyakan dari sosmed yang lain, kurang eksis. Sehingga kebanyakan berhenti di tengah jalan. Jadi gimana guys? Tertarik untuk mencoba jejaring sosial buatan anak negeri ini? keren-keren lho guys tampilannya. 



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 InPermataku - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -