Posted by : Unknown Kamis, 09 Mei 2013



Di era bumi yang sudah tua ini. Semakin banyak isu yang menyebabkan dampak dari pemanasan global. Sebagai generasi penerus, kita harus menjaga dan meminimalisir dampak dari pemanasan global. Salah satunya dengan melakukan tindakan –tindakan kecil yang bertemakan go green. Walaupun tindakan ini sepele dan mudah dikerjakan, tapi kebanyakan dari kita masih menganggap hal ini sebagai sesuatu yang digampangkan. Jika kita mengerjakan hal ini secara serempak maka manfaat dari tindakan go green ini bisa kita rasakan.


Berikut ini penulis akan memaparkan bagamana tips-tips yang bisa kita lakukan, sebagai dukungan untuk mendukung gerakan go green :

1.      Menanam dan merawat tanaman
Ini merupakan hal yang utama. Kita bisa menanam tumbuhan hijau baik tumbuhan hias, tumbuhan untuk pangan, maupun tumbuhan untuk obat-obatan. Siapapun pasti setuju bahwa tumbuhan hijau merupakan asset bumi terbaik untuk menjaga kelangsungan hidup di bumi. Banysk sekali manfaat yang kita dapat dari tumbuhan hijau ini. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga dan melestarikan tumbuhan maupun pohon ini. Jangan sampai habis karena terus dikonsumsi dan ditebangi oleh manusia.

2.      Membuang sampah pada tempatnya
Ini hal yang simple tapi jarang kita perhatikan. Berapa banyak dari kita yang suka membuang sampah sembarangan. Ini memang masalah kesadaran diri kita. Tapi marilah mulai sekarang kita peduli dengan lingkungan kita dengan dimulai dari hal yang sederhana.

3.      Kurangi penggunaan kertas
Kertas dibuat dari pohon. Artinya ketika semakin banyak kita memakai kertas, semakin banyak pula pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas. Solusi? Hmm… mungkin kita sekarang bisa beralih ke elektronik. Misal ketika kita mau mecatat tulisan bisa di hape atau laptop, tak usah menyobek kertas. Begitu juga penggunaan tisu, mending diganti dengan sapu tangan atau serbet.

4.      Kurangi penggunaan plastik
Saat sedang belanja kita disarankan untuk membawa keranjang pribadi ataupun tas yang bisa dibawa untuk belanja. Dengan melakukan ini maka kita tidak perlu memakai plastik lagi yang difasilitasi oleh supermarket. Sebaiknya juga pihak dari supermarket/pasar mengeluarkan program untuk mendukung gerakan go green. Diantaranya dengan menyediakan tas untuk keperluan belanja.
  
5.      Pakailah transportasi umum
Dengan meminimalisir pemakaian kendaraan pribadi, berarti kita turut mengurangi polusi jalanan yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.

6.      Hemat air dan listrik
Dengan menghemat listrik, berarti kita telah menghemat gas buang yang mencemari udara. Marilah berbuat lebih untuk bumi ini.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung gerakan go green. Marilah kita peduli dengan lingkungan dimulai dengan hal-hal kecil seperti diatas. Dan kesadaran kita menentukan tercapainya tujuan tersebut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 InPermataku - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -