Posted by : Unknown Selasa, 30 April 2013

sumber gambar: jundiurna92.wordpress.com

Menunda adalah hal yang biasa kita lakukan jika ada halangan atau membuat kita mendahulukan hal yang lain. Hal ini cukup logis. Tapi bagaimana jika kita menunda melakukan sesuatu tanpa alasan?

Lagi-lagi hal ini merupakan budaya atau kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia. Kita cenderung suka menunda untuk melakukan sesuatu. Terlebih jika melakukan sesuatu kegiatan positif. Alasannya bisa bermacam macam.
Bisa karena malas atau tidak ada waktu, atau bahkan menundanya dengan sengaja. Orang yang menunda biasanya berpikir bahwa pekerjaannya bisa ia selesaikan nanti di saat-saat tertentu. Padahal bisa saja nantinya ia malah tidak sempat mengerjakan pekerjaan tersebut.

Contoh yang sering kita lihat terutama dikalangan pelajar atau akademis. Ketika mereka diberi tugas ataupun PR mereka cenderung sering mengerjakan tugasnya pada waktu malam sebelum tugas dikumpulkan, atau bahkan pagi-pagi dimana hari itu tugas dikumpulkan. Apalagi jika mereka yang berpikiran kalau mengerjakan tugasnya saat di sekolah dengan cara menyontek dari teman. Di kalangan kekuasaan pun juga tak kalah. Sering kali kita mendengar tentang kebijakan –kebijakan pemerintah yang akan direncanakan malah diundur terus. Akhirnya malah tidak terealisasi dengan lancar. Inilah akibat dari suka menunda-nunda suatu rencana atau pekerjaan.

Kerugian yang bisa didapatkan ketika suka menunda pekerjaan antara lain :

1. Pekerjaan nantinya akan menjadi menumpuk karena munculnya pekerjaan baru sedangkan pekerjaan lama belum juga terselesaikan.

2. Menimbulkan sikap malas. Karena dengan menunda pekerjaan, kita mempunyai kecederungan mempunyai sifat pemalas karena tidak juga lekas untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

3. Rugi waktu. Hal ini memang sudah tak dapat dipungkiri lagi. Jika kita mempunyai waktu luang, alangkah baiknya kita segera melakukan suatu pekerjaan agar waktu tak terbuang percuma.

4. Pekerjaan menjadi tak optimal. Pekerjaan yang dikerjakan di lain waktu mempunyai kecenderungan hasil suatu pekerjaan menjadi tak maksimal.

Memang tidak mudah untuk memulai suatu pekerjaan dari awal. Tapi mulai sekarang cobalah untuk tidak menunda suatu pekerjaan. Saya sendiripun sedang mencoba untuk selalu mengerjakan suatu tugas lebih awal, memang terasa malas jika belum terbiasa. Tapi jika ini dibiasakan bukan tak mungkin kebiasaan ini akan membudaya kepada kita. Dan tentunya kebiasaan mengerjakan pekerjaan tepat waktu akan membawa perubahan bagi negeri ini jika dibudayakan oleh semua masyarakat Indonesia. Lagi-lagi sistem pendidikan Indonesia-lah yang menjadi penanggung jawab terciptanya budaya ini. Melalui pendidikan karakter dan budaya masyarakat Indonesia. Jadi, mari buang jauh-jauh budaya menunda suatu pekerjaan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 InPermataku - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -