Posted by : Unknown Rabu, 24 April 2013

       


Bendera Indonesia
Beberapa hari ini aku sedang menyukai topik yang menurutku cukup menarik untuk dibahas. Topik apa itu? Aku ingin membahas topik tentang bagaimana Negara Indonesia ini bisa berkembang menjadi negara yang maju. Wait…?? Itu peramasalahan klasik. Bagaimana Negara Indonesia yang menurutku sedang sakit berat ini bisa sebanding dengan negara-negara adidaya seperti raksasa Amerika, Cina, Jepang, dan Negara-negara Eropa lainnya?

Ya banyak yang bilang negara kita sudah rusak. Banyak sumber daya alam diliberalisasi oleh luar negeri, hutang negara semakin besar, hutan-hutan pada ditebangi secara liar, dan beraneka ragam kesalahan lainnya. Menurut saya semua ini bisa terjadi karena rendahnya kualitas moral dan norma oleh bangsa Indonesia. Lho bukannya Indonesia sarat akan Ideologinya yaitu Pancasila? Ya memang. Tapi kita lihat sekarang, dengan kondisi yang demikian, korupsi semakin merajalela dikalangan para pemimpin di kalangan atas. Sedang rakyatnya ditelantarkan. Dan semua program yang dikeluarkan hanya untuk kepentingan pribadi.

Banyak lapisan masyarakat yang belum tersentuh oleh perhatian pemimpin Negara. Mereka yang diatas justru terus mengembangkan hal-hal yang sekiranya bisa menjadi optional alternatif dibandingkan dengan kepentingan rakyatnya yang belum tersentuh. Misalnya saja bagaimana pemimpin lebih memperhatikan untuk membuat jalan tol atau membangun gedung pencakar langit, dibandingkan dengan memperbaiki fasilitas-fasilitas rakyat yang butuh diperbaiki. Memang kita sedang bergerak kearah pembangunan yang maju dengan membangun gedung-gedung tersebut. Tapi setidaknya liat dahulu lah hal mana yang bisa diambil lebih dahulu. Jangan ada terlalu banyak kesenjangan antara fasilitas publik dengan kemewahan pembangunan yang ada.

Bagaimana kita bisa mengambil solusi dari negara yang sebenarnya negara terkaya di dunia ini bisa menjadi negara yang maju, tidak terikat utang ini. Hal yang perlu dilakukan adalah mengubah sumber daya manusianya. Bagaimana mengubah sumber daya manusia ini. Tak lain adalah bagaimana system pendidikan di Indonesia mampu menanamkan moral dan membangun karakter Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Kita liat bagaimana sekarang ini banyak manusia rasa individualisnya tinggi. Dan sekarang ini orang-orang lebih suka mengikuti tren budaya barat. Hal ini membuat rasa nasionalismenya terpecah dan mulai meninggalkan nilai-nilai yang ada dalam pancasila. Akibatnya semua orang jadi saling menyalahkan. Yang dibawah menyalahkan yang diatas karena tidak pecus ngatur negara. Yang diatas menyalahkan yang dibawah karena hanya bisa mengemis. (Ayolah bung, instropeksi diri masing-masing).

Perlu ditekankan lagi bahwa hal yang perlu dilakukan untuk para penguasa untuk mengubah Indonesia adalah membentuk karakter dari setiap Individu orang Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Hal ini bisa dilakukan dengan mengubah system pendidikan yang bisa direalisasikan mulai dari sekolah dasar. Sehingga masing-masing individu baik pemerintah maupun rakyat punya andil sendiri untuk membangun negaranya. Dan lagi-lagi jangan saling menyalahkan. Mengkritik kinerja pemerintah boleh, asal jangan sampai terjadi perpecahan.

Kita bisa mengambil contoh Negara Jepang bagaimana ia bisa membentuk karakter warga negaranya sehingga mempunyai rasa kerja keras yang tinggi sesuai semangat samurai dan Bushido. Ya bukannya  mau membandingkan dengan negara lain. Karena kita punya cara sendiri untuk mencapai cita-cita bersama negara kita ini. Sampai disini dulu pembahasan penulis mengenai hal ini. Mungkin bisa dilanjutkan lain kali. Maaf jika ada banyak kata yang salah dan menyinggung  berbagai pihak. Ini hanya unek-unek saya. Terima kasih.^^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 InPermataku - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -