Posted by : Unknown Senin, 06 Mei 2013



                Sebagai warga Negara yang baik sudah semestinya kita bangga jika Negara ini nantinya menjadi Negara yang maju. Namun itu tidaklah mudah. Butuh perjuangan yang lebih dan konsisten dimana adanya usaha dari pemerintah. Kita juga turut berperan penting dalam memajukan Negara ini. Karena kita merupakan bagian atau penduduk sipil dari  Negara Indonesia. Sebagai warga Negara Indonesia yang baik sudah seharusnya kita turut melaksanakan cita-cita bersama Negara Indonesia. Bukan tidak mungkin Negara Indonesia akan menjadi Negara terhebat di dunia.Bagaimana cara kita memulainya. Berikut akan dipaparkan 10 kebiasaan kecil yang bila dikerjakan oleh semua warga Negara Indonesia akan memiliki dampak yang luar biasa bagi Negara Indonesia.

  1.       Memakai produk Indonesia
Ya, saya pernah membahas hal ini berulang-ulang bagaimana menunjukkan kecintaan kita akan produk asli Indonesia. Jika saja semua masyarakat Indoensia sadar tentang kehebatan produk sendiri, maka mereka pasti akan berbondong-bondong untuk memakai produk Indonesia. Jika kita memakai produk lokal, maka kita turut membantu perekonomian masyarakat Indonesia. Hingga kita mempunyai produk yang berkualitas. Jika kita membiasakan ini, tak menutup kemungkinan bakal terus berkembang industri lokal karena banyak peminat dari negeri sendiri. Bahkan bisa mengimport produk lokal. Produk apa saja sih yang hebat di negeri ini? Beberapa produknya pernah dibahas sebelumnya di “10 brand Indonesia yang berkelas Internasional”.

  2.       Budayakan Membaca
Inilah yang membedakan antara masyarakat di Negara Berkembang dan di Negara maju. Masyarakat di Negara maju sangat menyukai kebiasaan mereka membaca buku. Khususnya di Negara Jepang. Di Negara tersebut kesadaran akan pentingnya membaca buku sangat kental dilakukan oleh masyarakat jepang. Karena membaca sudah dibudayakan di Negara Jepang. Bagaimana dengan Indonesia. Well, kita pasti sering atau pernah mendengar tentang embel-embel tentang budaya membaca. Tapi nyatanya budaya membaca tidak terealisasi dengan baik di kalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia lebih sering menghabiskan waktunya untuk ngobrol hal-hal yang gak penting di waktu luangnya.

  3.       Budayakan  On time!
Yah, saya agak bersikap skeptis tentang yang satu ini. Ya, warga Indonesia sudah terbiasa dengan budaya jam karet. Atau menunda waktu jika tengah melaksanakan suatu kegiatan. Seharusnya kita sadar bahwa budaya seperti ini juga berpengaruh buruk bagi Negara kita. Marilah kita coba untuk selalu tepat waktu untuk mengerjakan sesuatu agar nantinya permasalahan kedepan cepat selesai.

  4.       Membuang sampah pada tempatnya.
Salah satu budaya yang dilakukan di Negara maju ialah selalu membuang sampah pada tempatnya. Ada banyak negara yang menerapkan fungsi hukum atau sanksi bagi yang suka mengotori lingkungan atau membuang sampah sembarangan. Bagaimana di Indonesia. Saya rasa hukum ini juga berlaku di Indonesia namun sayangnya pelaksanaanya kurang tegas. Jika saja pemerintah menegaskan akan ada sanksi tegas terkait dengan pengotoran lingkungan, maka bukan tidak mungkin fungsi hukum tentang lingkungan ini akan terlaksana dengan baik.

  5.       Memakai transportasi umum
Sebagai warga Negara yang ingin memajukan Negaranya, sudah sepatutnya kita juga turut berpartisipasi mendukung gerakan ini.  Saya tidak menyuruh untuk beralih transportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Namun, alangkah baiknya jika kita menggunakan transportasi umum sebagai bentuk kesadaran kita membantu mewujudkan mimpi menjadi Negara maju. Toh, dengan memakai transportasi umum, dapat manfaat yang diperoleh. Yaitu mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan. Angka kemacetan di kota-kota besar saat ini sungguh memprihatinkan. Apalagi di jam-jam sibuk. Ketika berkurang jumlah kendaraan pribadi maka otomatis. Berkurang juga polusi udara yang menyebabkan Indonesia menjadi panas. Sekalian mendukung gerakan GO Green. :D

  6.       Menyukai dan melestarikan kesenian budaya Indonesia
Indonesia terkenal akan beribu budaya yang diturunkan oleh nenek moyang kita. Sebagai pewaris kebudayaan tentunya kita harus bangga dan melestarikan budaya kita sendiri. Namun agaknya banyak dari kita yang tidak mengenal budaya sendiri. Mereka lebih mengenal dan menyukai budaya luar dibandingkan budaya sendiri. Tentu karena faktor media dan lingkungan yang mempengaruhi.

  7.       Gaya Hidup yang Hemat
Indonesia sekarang ini dikenal dengan masyarakatnya yang mempunyai sifat konsumtif dan korupt. Oleh karena itu, kita harus memperbaiki sifat ini, dengan hidup hemat. Pengeluaran yang kecil dapat membantu mengurangi belanja Negara dari luar. Jadi dengan berhemat kita bisa membantu Negara untuk berhemat juga.

  8.       Suka Bekerja Keras
Ini lah yang sering kita dengar dari Negara tetangga kita yaitu jepang, mereka terkenal dengan masyarakatnya yang gila bekerja. Setidaknya hal inilah yang dapat kita tiru dari Negara tersebut yang mempunyai semangat kerja keras yang tinggi.

  9.       Teratur Berolah Raga.
Olah raga sungguh penting bagi kesehatan. Kesehatan sangat berpengaruh bagi etos kerja seseorang. Jika seseorang memiliki kebiasaan berolah raga, maka dia jadi lebih optimal untuk menjalankan aktivitasnya, khusunya yang berkaitan untuk memajukan Negara Indonesia ini.

  10.    Miliki rasa percaya Diri
Jika kita memiliki sifat pesimis tentang Negara ini, bagaimana mungkin Negara kita bisa tumbuh menjadi Negara maju. Ingat segalanya mungkin jika kita memiliki rasa percaya bahwa Negara ini bisa berubah. Caranya dengan melakukan kegiatan - kegiatan positif sperti yang dipaparkan diatas. ^_^

Itulah sepuluh hal positif yang bisa kita lakukan untuk mengubah budaya kita menjadi budayanya masyarakat Negara maju. Semoga kita bisa melaksanakan kegiatan postif diatas. Jika ada pendapat lain yang berkaitan dengan artikel ini, bisa tulis di kolom komentar. Jika banyak kesalahan dalam penulisan maupun berpendapat mohon dimaafkan. Terima Kasih. ^_^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 InPermataku - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -